Kamis, 01 September 2016

Tips & Trik


PATI? Apa itu?
Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi atau biasa disingkat PATI dan lebih dikenal dengan istilah Pelatihan APLINET (Pelatihan Aplikasi Internet) adalah suatu kegiatan pelatihan yang diwajibkan bagi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai segala yang berhubungan dengan teknologi informasi, khususnya teknologi informasi yang ada di UMM. Dalam kegiatan ini akan disampaikan diantaranya adalah materi tentang internet, browsing, layanan teknologi informasi di UMM (seperti e-mail, blog dan e-learning), layanan teknologi informasi secara umum (seperti search engine, online document dan hosting) serta microsoft office khususnya microsoft excel dan powerpoint.
Setelah saya menjalani pelatihan dan berbagai tugas yang diberikan di PATI ini wawasan saya tentang pengaplikasian internet menjadi lebih banyak lagi. Adapun beberapa tips dan trik yang akan saya berikan antara lain :
  1. Sebelum berangkat PATI usahakan untuk selalu mengisi tenaga seperti makan dan tidur yang cukup agar lebih berkonsentrasi.
  2. Bawalah laptop (notebook kalau bisa agar lebih ringan) sendiri supaya lebih leluasa
  3. Jangan lupa membawa buku absensi PATI
  4. Bawalah buku PATI/pedoman PATI
  5. Agar tidak repot buatlah e-mail Google terlebih dahulu ( karena google paling diutamakan di pembelajaran ini.Di setiap pertemuan kita akan diberi soal evaluasi yang dikerjakan di internet, di website kuliah-ppai.umm.ac.id. Di setiap evaluasi kita diberi 2 kali kesempatan menjawab, 1 kali kesempatan diberi waktu sekitar 30 menit, dan diberi soal sekitar 70 soal, ada 3 evaluasi yang harus kita kerjakan selama PATI.
  6. Dengarkan lah baik-baik setiap langkah yang diberikan oleh trainer jika perlu di catat agar tidak lupa.
  7. Jangan menunda tugas karena tugasnya lumayan banyak loh.
Itulah beberapa tips dan trik yang bisa saya berikan semoga bisa membantu mahasiswa baru selanjutnya yang akan mengikuti PATI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar