Kamis, 01 September 2016

Psikologi


Psikologi? Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog.

Sejarahnya sendiri di UMM pun dimulai pada tahun 1985. Berdasarkan ketentuan kurikulum nasional, maka sejak 1993 Fakultas Psikologi tidak lagi memiliki jurusan-jurusan dan hanya menyelenggarakan satu program studi, yaitu program studi Psikologi dengan enam bentuk peminatan. Sejalan dengan Sistem Pendidikan Tinggi, Fakultas Psikologi secara Nasional diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang memperoleh predikat “Terakreditasi A”  dengan SK No.: 08400/Ak-IX-S1-030/UMMCZI/II/2006 tanggal 9 Februari 2006. Dengan demikian Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang dapat melaksanakan secara mandiri segala kegiatan akademiknya. Prestasi ini masih terus dapat dipertahankan oleh Fakultas Psikologi dengan diperolehnya kembali "Akreditasi A" berdasarkan SK.BAN.PT. No 16 tahun 2011 yang berlaku hingga tahun 2016.



Perkembangan FakultasbPsikologi di Kampusku ini juga sangat pesat sekali seiring dengan kemajuan teknologi dan paham ilmu tentang perilaku manusia terhadap individu dan sosial ditambah dengan fasilitas yang memadai serta praktek lapangan yang dilakukan kampusku ini menjadikan Fakultas Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang masuk dalam jajaran Fakultas Psikologi terbaik di Indonesia.
 Dalam bidang keilmuan psikologi terutama dalam prospek pendidikan dan jurusan psikologi, para lulusan psikologi dapat memiliki peluang kerja yang besar seperti berikut ini:
1.       Psikolog/konsultan di biro pelayanan jasa psikologi manajemen dan organisasi.
2.   Staf dan manajer di bagian pengembangan sumber daya manusia (SDM) pada berbagai perusahaan dan organisasi.
3.       Psikolog/asisten psikolog di Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Jiwa.
4.       Psikolog/asisten psikolog di lembaga lembaga pendidikan.
5.   Psikolog/asisten psikolog di Lembaga Psikologi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).
6.       Psikolog/asisten psikolog di Lembaga lembaga pemerintahan.
7.       Tim kreatif di Biro-biro Advertising.
8.       Wirausahawan pada jasa pelayanan psikologi, manajemen dan organisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar