Kamis, 01 September 2016

Masjid Ar Fachruddin & SPBU UMM

Kedua lokasi ini terletak di kampus tiga Universitas Muhammadiyah Malang. Masjid dan SPBU ini merupakan fasilitas publik yang diberikan kampusku untuk seluruh mahasiswa UMM serta masyarakat sekitar yang ingin menggunakan tempat tersebut.


Masjid AR Fahrudin berdiri di atas aliran Sungai Brantas, sedangkan di depannya Jalan Raya Tlogomas Malang, Jawa Timur. Posisi yang berdekatan dengan jalan raya ini membuat masjid ini mudah disinggahi.Bangunan masjid yang menempati tanah seluas 6.000 meter persegi ini terdiri dari lima lantai. Tempat ibadahnya menempati lantai tiga dan empat. Sementara itu, lantai satu, dua, dan lima digunakan untuk berbagai kegiatan.

Masjid ini merupakan masjid milik kampus yang terbesar di Asia Tenggara. Wahh hebat bukan kampusku? Masjid ini ditopang dengan 81 tiang sehingga terlihat kokoh. Bahkan, bangunan ini dinyatakan sudah teruji kekokohannya dengan beberapa kali diguncang gempa. Di dalam masjid terhampar karpet merah yang berasal dari Arab Saudi.


Semangat modernitas Kebudayaan Jawa, Arab, dan modern menyumbang pada penampilan arsitektur masjid UMM ini. Kehadiran cungku pada ujung setiap kubah adalah sumbangan dari kebudayaan Jawa. Ornamen dan pilar hadir dalam gaya modern. Disebutkan, penampilan modern ini untuk menggambarkan semangat modernitas dalam ajaran Islam. Kehadiran pilar yang gagah perkasa itu enggambarkan bangunan tauhid. Kubah berikut ornamen buah dan daun melambangkan amal saleh.

SPBU milik kampusku in terletak di samping masjid AR Fahrudin. Pendirian SPBU ini bertujuan mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa. Di lokasi SPBU tidak hanya tangki-tangki pengisian bahan bakar minyak saja yang ada namun ada beberapa fasilitas umum lainnya yang bisa teman-teman akses di SPBU ini seperti cafetaria yang berupa mini market kecil, toilet umum dan resting area yang bertempat di lantai dasar. SPBU UMM tempatnya strategis banget semua bentuk bahan bakar pun juga tersedia disini. Jangan mengaku mahasiswa UMM deh kalo belum pernah mengisi bahan bakar minyak di SPBU ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar